Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Selasa, 05 Januari 2021 : 19:22

Hai gaes apakabar saya doakan selalu keadaan baik dan selau di beri kesehatan lancar rezeki amin,,,

Saya mau berbagi info kesehatan yang di alami banyak orang terutama sakit pinggang banyak sekali keluhan pinggang yang bisa di rasakan muda – tua.

Saya kasih sedikit penjelasan Sakit pinggang paling sering disebabkan oleh cedera otot atau sendi di area pinggang, bisa akibat posisi tubuh yang salah, mengangkat benda berat, atau melakukan gerakan secara berulang.

Sakit pinggang atau Low back pain adalah sakit pada punggung bagian bawah. Penderita sakit pinggang bisa mengalami rasa sakit yang hilang timbul maupun terus menerus, pada salah satu sisi pinggang atau keduanya.

GEJALA SAKIT PINGGANG

  • Bokong Terasa Pegal–Pegal
  • Rasa nyeri di pinggang sampai pantat
  • Sulit bergerak saat berdiri atau bergerak
  • Terasa kurang nyaman saat duduk terlalu lama

Bagi anda yang sudah merasaka sakit pinggang segeralah kedokter apabila melebihi 7 hari atau lebih belum sembuh, karena harus ada pemeriksaan dari dokter atau bisa di laukan terapi infrared, terapi geraK, obat anti nyeri dll.

Anda juga bisa konsultasi dengan dokter apabila di sertai penyakit seperti:

  • Pernah atau sedang menderita kanker
  • Menderita osteoporosis
  • Pernah menggunakan NAPZA
  • Mengonsumsi obat kortikosteroid dalam jangka panjang
  • Rasa sakit muncul setelah jatuh atau kecelakaan

Penyebab Sakit Pinggang

Dalam banyak kasus, sakit pinggang terjadi akibat cedera pada otot pinggang. Cedera sering kali disebabkan oleh gerak pinggang yang tiba-tiba dan berulang, misalnya saat bermain golf, atau karena mengangkat benda yang terlalu berat.

Sakit pinggang juga bisa terjadi akibat duduk terlalu lama, terutama bila salah posisi duduk dan kursi yang diduduki tidak nyaman. Pada anak-anak, sakit pinggang bisa terjadi akibat sering membawa tas punggung yang terlalu berat.

Faktor lain yang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit pinggang, terutama pada orang dewasa, di antaranya:

  • Berusia 30 tahun ke atas
  • Memiliki berat badan berlebih
  • Kurang berolahraga

Selain cedera, sakit pinggang juga dapat terjadi akibat gangguan pada organ di tulang belakang, atau gangguan pada organ di bagian tubuh lain. Gangguan pada saraf tulang belakang yang dapat menyebabkan sakit pinggang meliputi:

  • Peradangan pada sendi di tulang belakang.
  • Saraf kejepit akibat penonjolan bantalan tulang belakang (hernia nukleus pulposus).
  • Pengikisan bantalan tulang belakang akibat proses penuaan.
  • Penyempitan ruas tulang belakang atau stenosis spinal.
  • Cedera tulang belakang akibat terbentur atau kecelakaan.
  • Kelainan pada lengkung tulang belakang, seperti kifosis, lordosis, atau skoliosis.

Spondylolisthesis.

Gangguan pada organ di bagian tubuh lain juga dapat menyebabkan sakit pinggang. Pada kondisi ini, sakit bisa dirasakan hanya di salah satu sisi pinggang, bisa kanan atau kiri, namun bisa juga di kedua sisi pinggang. Beberapa gangguan pada organ tubuh lain tersebut adalah:

  • Infeksi ginjal
  • Batu ginjal
  • Usus buntu
  • Pankreatitis
  • Endometriosis
  • Kista ovarium
  • Miom

Diagnosis Sakit Pinggang

Untuk menentukan penyebab sakit pinggang, dokter akan memulai dengan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk memeriksa refleks dan jangkauan gerak pasien. Dokter bisa langsung memberikan pengobatan bila pasien tidak menunjukkan gejala yang serius.

Bila sakit pinggang tidak juga hilang setelah beberapa minggu atau muncul gejala yang serius, dokter dapat melakukan pemeriksaan lanjutan, seperti:

Tes darah, untuk melihat kemungkinan infeksi atau peradangan. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi hitung darah lengkap, laju endap darah (LED), dan protein C-reaktif.

Pencitraan, seperti foto Rontgen, CT scan, dan MRI, untuk memeriksa struktur tulang, otot, dan ligamen, serta mencari tahu jika ada kondisi pemicu lainnya.

Elektrodiagnostik, meliputi elektromiografi (pemeriksaan aktivitas listrik otot), tes konduksi saraf (pemeriksaan kecepatan transmisi sinyal saraf), dan evoked potential test (pemeriksaan kecepatan hantaran saraf ke otak).

Beberapa cara Meredakan Sakit Pinggang Bagian Belakang

Meredakan sakit pinggang bagian belakang bisa dimulai dari mengatasi penyebab kenapa area tersebut sakit. Kalau misalnya kamu salah tidur, ya mulai sekarang perbaiki posisi tidurmu. Olahraga juga bisa menjadi salah satu solusi penanganan sakit pinggang bagian belakang.

Selengkapnya mengenai tips meredakan sakit pinggang bagian belakang bisa dibaca di sini!

1. Jangan Terlalu Lama Berbaring di Tempat Tidur

Orang dengan nyeri pinggang akan merasakan sakit lebih intens jika menghabiskan waktu di tempat tidur dalam jangka waktu lama. Tetap aktif dan berhati-hati saat melakukan gerakan dapat membantu proses penyembuhan sakit pinggang bagian belakang.

2. Aktif Berolahraga

Aktivitas merupakan obat terbaik untuk sakit punggung. Latihan sederhana seperti berjalan bisa sangat membantu. Ini membuat orang keluar dari postur duduk dan menempatkan tubuh pada posisi netral dan tegak. Namun, ingatlah untuk bergerak secukupnya. Jauhi aktivitas berat seperti berkebun dan hindari gerakan apa pun yang menyebabkan rasa sakit.

3. Pertahankan Postur yang Baik

Rasa sakitnya mungkin dimulai setelah latihan yang lama di gym, tetapi ketegangan yang menyebabkannya mungkin telah berproses selama bertahun-tahun. Kebanyakan orang memiliki postur tubuh yang buruk saat melakukan aktivitas sehari-hari, sehingga punggung mereka tertekan. Ini bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti saat menyikat gigi di wastafel, ataupun duduk di meja kerja.

4. Melatih Inti Tubuh

Kebanyakan orang dengan nyeri punggung kronis akan mendapat manfaat dari latihan otot inti. Batang tubuh adalah kombinasi dari banyak kelompok otot yang bekerja sama. Jika otot perut lemah, area lain harus mengisi kekosongan ini.

5. Meningkatkan Fleksibilitas

Terlalu banyak ketegangan bisa menyebabkan sakit punggung. Meningkatkan fleksibilitas adalah salah satu cara meredakan ketegangan dan sakit pinggang bagian belakang. Latihlah fleksibilitasmu dengan cara mengaplikasikan latihan peregangan.

7. Kompres Dingin dan Panas

Bantalan pemanas dan kompres dingin dapat menenangkan sakit pinggang bagian belakang. Profesional medis merekomendasikan penggunaan es selama 48 jam pertama setelah cedera, terutama jika ada pembengkakan dan kemudian beralih ke kompres panas.

8. Tidur dengan Posisi Benar

Bukan hanya kuantitas tidur saja yang penting, kualitasnya juga penting. Salah satu cara menjaga kualitas tidur tetap stabil adalah dengan menempatkan posisi tidur yang maksimal. Orang yang tidur menghadap ke atas harus meletakkan bantal di bawah lutut mereka.

Bagikan